Kamis, 13 Januari 2011

Jalan Utama Kota Jakarta

Jakarta memiliki banyak jalan utama dan jalan besar, dimana jalan -jalan tersebut merupakan kawasan ekslusif yang dijadikan kawasan pemerintahan dan bisnis, dan perdagangan,. berikut jalan-jalan utama kota Jakarta.
 
Jl. MH Thamrin,  merupakan jalan utama kota Jakarta, keberadaan Jl. MH Thamrin tidaklah semegah fungsi yang disandangnya. Kehadiran ruang pejalan kaki yang lebih manusiawi dan aman di sepanjang kedua sisi Jalan MH Thamrin masih tetap menjadi mimpi bagi warga Jakarta.Dari arah Monumen Nasional, ruas jalan ini disambut dengan bundaran Air Mancur Indosat dan dua gedung yang dibangun pada awal kemerdekaan: Gedung Bank Indonesia (BI) dan Gedung Departemen Sumber Daya Alam. Gedung BI merupakan salah satu bangunan yang dirancang Arsitek F Silaban, berarsitektur tropis modern yang khas.Bundaran Selamat Datang atau lebih dikenal dengan Bundaran Hotel Indonesia ditandai dengan hadirnya Hotel Indonesia yang merupakan hotel bertingkat tinggi pertama di Indonesia. Di seberangnya juga terdapat gedung perkantoran Wisma Nusantara yang merupakan gedung berkonstruksi baja pertama di Indonesia dan juga Hotel Nikko yang berdiri mega. Keduanya dibangun pada dekade tahun 1960-an dan memakai sumber dana pampasan perang yang sama.Pusat perbelanjaan pertama Sarinah hadir di jalan ini, juga pada dekade tahun 1960-an. Kehadiran Jakarta Theatre sebagai bioskop pun menambah semarak hidup jalan ini. Dalam dekade tahun 1980-an Plaza Indonesia mulai dibangun, menambah alternatif tempat belanja dan rekreasi alternatif di Jalan MH Thamrin. Dan sekarang juga terlihat pembangunan pengembangan Plaza Indonesia yang hadir dengan warna solid primer.Gedung perkantoran pun tumbuh pesat selama dekade 1980-an hingga 1990-an. Dari Menara Cakrawala, Gedung ATD, Menara BII, hingga Gedung Deutsche Bank. Dari ragam fasad bangunan yang ada dapat dilihat periode gedung itu dibangun.
 


Jalan Sudirman merupakan jantung jalannya kota Jakarta, di sepanjang jalan ini berdiri bangunan mega dan tinggi, dari pusat pemerintahan dan bisnis dan juga bebarapa mall mewah. Berikut gedung-gedung sepanjang Jl. Sudirman, dari arah Bundaran HI : BNI 46, Landmark, Bumiputera, Wisma BCA, Epson prince center, JW Mariiot, Indofood Tower, Mayapada Tower, Sonatopas, La Meridian, Sahid, Permata Tower, Menara sudirman, Sampoerna stategik, WTC, Metropolitan, Atmajaya, BRI, GKBI, Plaza Semanggi, SCBD, BEJ, Polda Metro Jaya, Bapindo Plaza, Sudirman Tower, Niaga, Plaza FX, Depdikbud, Ratu Plaza, Gelora Senayan, Sumitmas, dll.


 
Jalan HR Rasuna Said, jalan ini juga merupakan jalan utama Jakarta. Sepanjang jalan ini juga berdiri gedung pencakar langit dan juga kedutaan. Adapun gedung-gedung yang berdiri sepanjang jalan ini: Hotel Mulia, Graha Aktiva, Graha Gracia, Kedubes Belanda, Kadin, Mega Kuningan, Bina Mulia, Prisma Tower, Cyber2, Dep ESDM, Kedubes Malaysia, Dep Hukum dan Ham, Sentra Mulia, Binus, PWC, Menara Kuningan, MMC, Rasuna Epicenrum, Pasar Festifal, kedubes Australia, kedubes moroko, departemen koperasi, Danamon, Setia Budi One, KPK, Wisma Tugu, Bakrie Tower, Misa Kodefin, Emperium, Four Seasons Hotel, dll.

Jalan Gatot Subroto, ini juga merupakan jalan utama kota Jakarta, sepanjang jalan ini menghubungkan berbagai daerah dan juga jalan jalan utama jakarta seperti jalan rasuna said, jalan sudirman, s.suparman,jlana MT Haryono, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar